Jumat, 01 Agustus 2014

Rosewood/Sonokeling Untuk Bodi Gitar

Sering dikenal dengan Indian Rosewood, Brazilian Rosewood, Bombay Blackwood Java Palisander (Inggris), Palisandre ded L’Inde (Perancis). Honduras Rosewood dikenal sebagai Rosewood paling baik kualitasnya namun saat ini hampir punah karena eksploitasi berlebihan. Di Indonesia kayu ini dikenal dengan nama Sonokeling atau Lingua atau Sonobrit/Sonosungu di tanah Jawa. Rosewood masing-masing negara memiliki ciri khas berbeda.

Sonokeling masih tergolong dalam kayu dengan tingkat kekerasan sedang hingga kuat. Pada bagian luar batang sonokeling berwarna putih lunak dan mudak lapuk, namun bagian dalamnya berwarna cokelat kehitaman dan bagian inilah yang biasa dipakai karena teksturnya keras. Teksturnya juga halus, dan memiliki keawetan yang baik. Pola kayu ini sangat indah, terkadang berwarna cokelat kemerahan atau ungu kehitaman.  

Kayu Rosewood memiliki karakteristik warm, ia memiliki warna nada pantulan suara yang natural, midrange lebih tebal dan kuat, sustain baik. Rosewood atau Sonokeling sendiri bagus digunakan untuk top, bodi, neck dan fingerboard. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar