Jumat, 01 Agustus 2014

Eboni (Ebenaceae) Kayu Bagus Untuk Gitar

Sang jawara dari Indonesia. Eboni Diospyros celebica disebut juga Coromandel ebony, Macassar ebony, streaked ebony, atau juga disebut kayu hitam. Salah satu kayu asli Pulau Sulawesi, Makasar, Indonesia. Di pulau Sulawesi sendiri pohon ini dinamai kayu Toe, Limara, Sora fdan Ayu maitong.
Di negara lain, kayu eboni makasar ini dikenal dengan nama ebeno de Macassar (Spanyol), Indonesisk ebenholt(Swedia), Macassar ebony (Amerika dan Inggris), Gestreept ebben (Belanda), Macassar ebenholds (Jerman) dan ebene de Macassar (Perancis).
Eboni sebenarnya dapat tumbuh di daerah tropis seluruh dunia, namun Eboni Makasar berbeda karena memiliki ciri batang yang lurus tegak dan tingginya bisa mencapai 40 meter. Bahkan di Indonesia sendiri jenis ini hanya dapat ditemukan pada hutan primer Sulawesi.
www.edroman.com
Kayu eboni ini merupakan kayu mewah, memiliki kualitas kayu kelas 1, sangat keras,  tingkat ketahanan dan keawetan yang tinggi, tekstur yang artistik dan warna yang eksotis karena makin lama kayu ini makin hitam,  maka pantas saja jika saya menamai kayu ini sang Jawara dari negeri kita, Indonesia. Damn I love Indonesia.
Namun saat ini kayu ebony telah menjadi kayu langka, karena permintaan yang sangat tinggi, tidak diimbangi oleh pertumbuhan eboni yang lambat dan budidaya kayu eboni sendiri.

Diindustri gitar, kayu Eboni Makasar masih tetap menjadi primadona. Gitar-gitar metal jaman dulu menggunakan kayu ini dengan alasan kayu ini emang “gila”. Lihat saja gitar yang menggunakan Eboni dapat dipastikan memiliki harga fantastis. Karakteristik suara yang dihasilkan bersih dan keras, sustain besar, memiliki bass yang kuat, mid rendah, high yang jelas dan transparan, bright dan artikulasi suara yang dihasilkan juga  baik. Eboni digunakan untuk seluruh bagian gitar namun lebih banyak dijadikan kayu lapis, bahan fingerboard, fretboard dan bodi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar