Senin, 04 Agustus 2014

Jenis kayu maple dan kegunaannya pada gitar

Maple ( Acer Saccharum-Hard Maple)
Maple ini ada 2 jenis: Eastern hard maple dan Western soft maple. Hard maple adalah kayu yang tergolong keras, berat dan padat. Namun Soft maple sebenarnya juga termasuk dalam jenis kayu keras sedang. 
Karakter suaranya sangat bright dan tebal, juga memiliki sustain yang panjang.  Maple biasa dipakai untuk neck karena sifatnya yang lebih lentur dan bisa diatur sehingga umumnya gitar selalu memakai maple untuk neck dengan ditambahkan/ditanamkan trussroad (logam) untuk ketahanan dan kestabilan pada neck. Hard Maple sering digunakan untuk top, bodi, neck dan fingerboard. Sedangkan Soft Maple digunakan untuk top dan bodi namun tidak untuk neck dan fingerboard.


Burl Maple (Acer Macrophyllum-Pacific Maple)

Kayu ini sangat gampang menyerap/merembes sehingga biasanya hanya digunakan untuk laminate tops. Namun serat kayunya memang eksotis. 

Flame Maple (Acer Macrophyllum-Pacific Maple)
Sering juga disebut Tiger Maple, karena serat kayunya yang mirip corak harimau. Sangat indah namun juga mahal. Setau gw kalau gitar memakai tiger maple itu hanya laminated saja, karena memang jarang dan kalau mau solid harganya lumayan. Flame Maple digunakan untuk top, bodi tapi tidak untuk neck dan fingerboard. Karakter suaranya cenderung bright.

Quilted Maple (Acer Macrophyllum-Pacific Maple)
Maple jenis ini adalah jenis yang paling susah di dapat di Negara asalnya Amerika. Sering digunakan untuk laminate top, namun beberapa juga memakai solidnya untuk bodi. Maple jenis ini tidak disarankan untuk neck dan fingerboard.

Spalted Maple (Acer Macrophyllum-Pacific maple)
Spalted ini sebenarnya adalah maple yang sudah mati dan mengalami pembusukan. Garis-garis hitam yang dihasilkan oleh jamur dan disinilah letak keunikannya. Biasa digunakan untuk laminate top, sangat eksotis dan sayang kalau di-finishing dengan warna solid.

Birdseye Maple (Acer Saccharum-hard maple)
Birdseye namanya karena corak serat kayunya yang kalau dilihat-lihat seperti mata burung memang. Karakteristik suaranya cenderung bright. Digunakan untuk laminate-top tapi bukan untuk solid bodi. Namun Birdseye ini cocok juga untuk neck dan fingerboard.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar