Senin, 04 Agustus 2014

Detail checklist buat yang masih bingung untuk custom gitar

Buat kamu yang masih bingung untuk menentukan detail pesanan gitar kamu, apa saja yang perlu kamu checklist agar tidak ada yang terlupakan saat meng-custom gitar. dibawah ini saya cantumkan apa saja yang perlu kamu beritahukan kepada pengrajin gitar agar gitar kesayanganmu sesuai dihati ^_^
  •  Tentukan bentuk/model gitar yang kamu mau, banyak contoh di google pastinya. Meskipun sepele,anda juga beritahu gitar anda lefthand atau right hand.

  • All solid, atau hanya beberapa bagian saja yang solid dan sisanya laminating. Tentu menggunakan kayu solid budgetnya lebih tinggi.

  • Pilih jenis string atau nylon.  Masih banyak yang mungkin kurang paham soal ini. Headstock dan neck kedua jenis inipun berbeda. Jika senar string dipasang pada gitar bersenar nylon, maka akibatnya adalah neck akan gampang bengkok dan bisa patah.

  • Headstock (Kepala gitar) banyak sekali modelnya terutama untuk model gitar listrik.

  • Fingerboard dan neck: tentukan kayu untuk keduanya, jenis neck (bolt on, thru, atau net), berapa jumlah fret, ingin ditambah trussroad (besi penguat neck) atau tidak, contur neck, nut, radius fingerboard, inlay and binding.

  • Body : tentukan model body, pilih kayu yang diinginkan masing-masing untuk bridge(Saddle), top, back and side. Juga apakah kamu ingin memakai pick guard dan tentukan juga jenisnya.

  • Tentukan finishing gitarmu pilih gloss atau natural, memakai equalizer apa dan aksesoris lain seperti softcase, gigbag, atau hardcase yang perlu ditambahkan. terakhir bolehlah kasi merk yang kamu mau, beberapa pengrajin gitar tidak akan mau kalau mereka diminta memasang merk yang sudah ada lisensinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar